Sejarah INKOWAPI

Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia  (INKOWAPI) adalah Induk Koperasi yang berdiri pada tanggal 22 Juni 1998. 

Beranggotakan PUSKOWAPI, KOWAPI, serta Koperasi Primer  Wanita lainnya yang telah berbadan hukum yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Sebagai Induk Koperasi, Program dan Kegiatan INKOWAPI lebih banyak bersifat kebijakan dan koordinasi untuk pengembangan PUSKOWAPI dan KOWAPI seluruh Indonesia. 

Anggota INKOWAPI adalah Koperasi Wanita yang Beranggotakan Wanita Pengusaha yang bergerak di berbagai bidang usaha kecil, mikro dan menengah, dimana sampai saat ini jumlahnya 128 Koperasi Wanita dengan Jumlah Anggota di Koperasi Wanita Mencapai 1 Juta Orang.

Kegiatan usaha dilakukan oleh KOWAPI-KOWAPI dalam bentuk  Koperasi Serba Usaha dan Usaha Simpan Pinjam. 

Dengan banyaknya kemudahan yang diberikan oleh Pemerintah dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi, khususnya dikebijakan, perundang-undangan, legalitas, pendidikan, permodalan, pemasaran serta pengembangan IT System, yang dapat dikerjasamakan dan diperuntukkan pemanfaatannya bagi anggota INKOWAPI diseluruh Indonesia.

Dalam melaksanakan kegiatan, INKOWAPI, PUSKOWAPI dan KOWAPI senantiasa menjalin hubungan dan kerjasama dengan Pemerintah, BUMN (Badan Usaha Milik Negara), BUMS (Badan Usaha Milik Swasta), Organisasi dan Koperasi lainnya.

Di tingkat pusat, INKOWAPI menjalin hubungan dan kerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil, Mikro dan Menengah, Kementerian BUMN, Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak, Bank Indonesia serta Bank Pemerintah dan Bank Swasta. 

Di Tingkat Propinsi, PUSKOWAPI bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM serta Bank-bank di Tingkat Propinsi, demikian halnya dengan KOWAPI bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten/Kota dan Bank-bank di Tingkat Kabupaten/Kota. 

Dalam pertemuan berjenjang INKOWAPI dalam jangka waktu tertentu, para anggota dapat saling membagi pengalaman bisnis, saling memberi informasi bisnis dan bekerjasama untuk menjalankan berbagai tawaran bisnis. 

INKOWAPI juga bekerjasama dengan berbagai pihak untuk membuka peluang usaha bagi anggota-anggotanya, diantaranya untuk memperluas jaringan usaha diluar Negeri, INKOWAPI telah menjalin kerjasama dengan IFWE (International Federation Women Enterpreneur) dimana anggota-anggotanya dari IFWE adalah wanita pengusaha lebih dari 89 negara di dunia. 

INKOWAPI saat ini diketuai oleh Ir. Sharmila, M.Si sekaligus merupakan Wakil Komisi tetap bidang ekonomi kerakyatan dan koperasi Kadin Indonesia, pada tahun 1998 – 2007 INKOWAPI diketua oleh DR. Dewi Motik Pramono, M.Si yang merupakan Pendiri dari INKOWAPI

INKOWAPI

Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia

Induk Koperasi yang berdiri pada tanggal 22 Juni 1998 yang beranggotakan PUSKOWAPI, KOWAPI, serta Koperasi Primer Wanita lainnya yang telah berbadan hukum yang tersebar di seluruh Indonesia.

Bellagio Boutiqe Mall UG 27-28 Jl. Mega Kuningan Barat KAV. E.4.3, Kawasan Mega Kuningan Jakarta 12950

admin@inkowapi.com

0218014407

Your message has been sent. Thank you!